#ViralWednesday

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

[ #ViralWednesday ]

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Halo Kawula Muda Akuntan! ? Hari ini waktunya kita mengenal tokoh-tokoh cendekiawan yang mempunyai peran penting dalam Akuntansi maupun Ekonomi. ? Selain menambah ilmu, kita juga dapat mengenal berbagai penemuan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya! Langsung saja kita simak yuk! ?✍️

? Abu Yusuf dikenal sebagai Pakar Ekonomi Islam. Ya’qub bin Ibrahim bin Habib bin Khunais bin Sa’ad Al-Anshari Al-Jalbi Al-Kufi Al-Baghdadi, atau yang lebih dikenal sebagai Abu Yusuf, lahir di Kufah pada tahun 113 H (731) dan meninggal dunia di Baghdad pada tahun 182 H (798 M). Sejak kecil, ia mempunyai minat yang sangat kuat terhadap ilmu pengetahuan. Ia pun terkenal sebagai salah satu murid terkemuka Abu Hanifah.

? Abu Yusuf menulis buku yang Al-Kharaj. Kitab al-Kharaj sendiri ditulis atas permintaan Khalifah Harun ar-Rasyid untuk pedoman dalam menghimpunan pemasukkan atau pendapatan Negara dari kharaj, ushr, zakat, dan jizyah. Didalam pengertian modern kitab ini dapat dikatakan sebagai public finance. Dilengkapi pula dengan cara-cara bagaimana mengumpulkan dan cara mendistribusikan setiap jenis harta tersebut sesuai dengan syariah Islam dan berlandaskan dalil-dalil naqliyah (al Quran dan al Hadits) dan dalil aqliah (rasional).

? Dengan demikian kitab al-Kharaj ini memiliki orentasi birokratik karena ditulis dengan tujuan sebagai buku petunjuk administratif dalam rangka mengelola keuangan negara dengan baik dan benar. Didalam konsep perpajakanya, Abu Yusuf dalam kitabnya al-Kharaj membahas tentang kemampuan dan kemudahan para pembayar pajak dalam mekanisme pemungutan pajak. Ia sangat menolak tegas pajak pertanian serta lebih menekankan pada pentingnya pengawasan yang ketat terhadap para pemungut pajak untuk menghindari korupsi dan tindakan sewenang-wenang yang mengarah ke penindasan.

Sekian informasi mengenai salah satu tokoh yang kami perkenalkan. ? Semoga menjadi pengetahuan baru dan ilmu yang bermanfaat. ?

Terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

_____
Departemen Jaringan Komunikasi
#AkuntansiSmart
#HIMASIUNISBA
#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *