28 Oktober Hari Sumpah Pemuda

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

Tanggal 28 Oktober dikenang sebagai Hari Sumpah Pemuda oleh rakyat Indonesia. Sejak tahun 1959, tanggal 28 Oktober dijadikan hari nasional di mana masyarakat mengenang salah satu peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia yaitu Sumpah Pemuda.
Sumpah Pemuda itu sendiri adalah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia.
Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928, yang merupakan hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda
Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan hanya kewajiban para pemuda namun kewajiban bagi semua rakyat Indonesia, mari jadikan hari sumpah pemuda ini sebagai refleksi untuk para pemuda dalam menyatukan tekad dan semangat untuk selalu membanggakan bangsa Indonesia.

Sumber :
https://nasional.kompas.com/read/2018/10/28/06360091/sejarah-sumpah-pemuda-tekad-anak-bangsa-bersatu-demi-kemerdekaan?page=all
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

_____
Departemen Jaringan Komunikasi
#AkuntansiSmart
#HIMASIUNISBA
#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *