#ViralWednesday

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

[ #ViralWednesday ]

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo Kawula Muda Akuntan! ? Hari ini waktunya kita mengenal tokoh-tokoh cendekiawan yang mempunyai peran penting dalam Akuntansi maupun Ekonomi. ? Selain menambah ilmu, kita juga dapat mengenal berbagai penemuan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya! Langsung saja kita simak yuk! ?✍️

? Abu Hanifah adalah Nu’man bin Tsabit bin Marzuban, kun-yahnya Abu Hanifah. Ia adalah putra dari keluarga Persia (bukan orang Arab). Asalnya dari Kota Kabul (ibu kota Afganistan sekarang). Kakeknya, Marzuban, memeluk Islam di masa Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu, lalu hijrah dan menetap di Kufah. Imam Abu Hanifah dilahirkan di Kufah pada tahun 699 M dan wafat di Kota Baghdad pada tahun 150 H/767 M.

? Ayahnya, Tsabit, adalah seorang pebisnis yang sukses di Kota Kufah, tidak heran kita mengenal Imam Abu Hanifah sebagai seorang pebisnis yang sukses pula mengikuti jejak sang ayah. Abu Hanifah menjalankan bisnisnya dengan menjual sutra dan pakaian-pakaian lainnya sambil mempelajari ilmu agama Di tengah tekanan peraturan yang represif yang diterapkan gubernur Irak Hajjaj bin Yusuf.

? Abu Hanifa menyumbangkan beberapa konsep ekonomi, saah satnya adalah salam ,yaitu suatu bentuk transaksi dimana antara pihak penjual dan pembeli sepakat bila barang dikirimkan setelah dibayar secara tunai pada waktu kontrak disepakati. Abu Hanifa mengkritisi prosedur kontrak tersebut yang cenderug mengarah pada perselisihan antara yang memesan barang dengan cara membayar lebih dahulu, dengan orang yang membelikan barang.

? Abu Hanifah meragukan keabsahan akad salam tersebut yang dapat mengarah kepada perselisihan. Beliau mencoba menghilangkan perselisihan ini dengan merinci lebih khusus apa yang harus diketahui dan dinyatakan dengan jelas di dalam akad, seperti jenis komoditi, mutu, kuantitas serta waktu dan tempat pengiriman. Beliau memberikan persyaratan bahwa komoditi tersebut harus tersedia di pasar selama waktu kontrak dan tanggal pengiriman sehingga kedua belah pihak mengetahui bahwa pengiriman tersebut merupakan sesuatu yang mungkin dapat dilakukan.

Sekian informasi mengenai salah satu tokoh yang kami perkenalkan. ? Semoga menjadi pengetahuan baru dan ilmu yang bermanfaat. ?

Cek juga website kami ya di http://bit.ly/webhimasi, ada konten BUCHIN ‘Bulletin in HIMASI News’ dan juga artikel serta informasi menarik juga loh!

Terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

_____
Departemen Jaringan Komunikasi
#AkuntansiSmart
#HIMASIUNISBA
#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *