#ViralWednesday

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

[ #ViralWednesday ]

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo Kawula Muda Akuntansi! ? Waktunya kita mengenal tokoh-tokoh cendekiawan yang mempunyai peran penting dalam Akuntansi maupun Ekonomi. Selain menambah ilmu, kita juga dapat mengenal berbagai penemuan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya! ? Langsung saja kita simak yuk! ?✍️

? Fra Luca Bartolomeo de Pacioli atau yang sering dikenal dengan nama keren Luca Pacioli. Beliau disebut juga sebagai “Bapak Akuntansi”. Ia lahir di Sansepulcro (Tuscany- Italia), pada Tahun 1445. Dia bekerja sebagai kepala biarawan Sansepulcro dibawah Paus Paulus II.

? Sekitar tahun 1490 (umur 49 tahun), Pacioli menerbitkan sebuah buku yang menjadi terkenal secara langsung yakni Summa de arithmetica, geometria, proportioni et proportionalita (Kumpulan Pengetahuan Aritmatika, Geometri, Proporsi, dan Proporsional). Pada mulanya Pacioli menerbitkan buku tersebut tak lain untuk meminimalisir kemiskinan pengajaran matematika pada masanya. Bagian yang membuat Pacioli menjadi terkenal ialah Particularis de Computis et Scripturis, sebuah risalah tentang Akuntansi.

? Dalam bukunya juga ia menyebutkan suatu praktek dagang baru yang dikenal bahkan hingga saat ini dipakai jutaan perusahaan di dunia dengan nama double-entry system. Double-entry system itu menjelaskan bahwa untuk setiap transaksi pasti akan mempengaruhi minimal dua akun nominal dibuku besar (ledger). Dua akun yang dimaksud adalah debit dan kredit. Lanjutnya, hal ini akan membawa pada prinsip keseimbangan (balance) dimana hasil debit dan kredit pada buku besar harus seimbang.

? Di Venesia inilah praktik perdagangan ramai dilakukan dan pasar (saat itu pasar adalah pusat informasi karena disinilah pedagang dari seluruh dunia bertemu) juga semakin mempercepat penyebaran praktik baru yang diperkenalkan oleh Luca Pacioli. Pacioli meninggal pada sekitar usia 70 pada tahun 1517 di Sansepulcro.

Sekian informasi mengenai salah satu tokoh yang kami perkenalkan. Semoga menjadi pengetahuan baru dan ilmu yang bermanfaat. ✨

Terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

_____
Departemen Jaringan Komunikasi
#AkuntansiSmart
#HIMASIUNISBA
#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *