#ViralWednesday

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

[ #ViralWednesday ]

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo Kawula Muda Akuntansi! ? Hari ini waktunya kita mengenal tokoh-tokoh yang mempunyai peran penting dalam Akuntansi maupun Ekonomi. Selain menambah ilmu, kita juga dapat mengenal berbagai penemuan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya! Langsung saja kita simak yuk! ?✏️

John Adam Smith dikenal sebagai Bapak Ekonomi Kapitalis. Beliau lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723. Beliau adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Karyanya yang terkenal adalah buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations).

The Wealth of Nations adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal disana.

Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang mengedepankan penumpukan modal secara besar-besaran. Sistem ekonomi ini terlahir diabad 18/19. Tujuan dari sistem kapitalis ini sendiri adalah untuk meningkatkan pendapatan nasional dan kesejahteraan masyarakat. Dengan konsep bahwa sumber kekayaan itu sangat langka dan harus diperoleh dengan cara bekerja keras di mana setiap pribadi boleh memiliki kekayaan yang tiada batas, untuk mencapai tujuan hidupnya.

Smith berada di peringkat 30 di Daftar orang paling berpengaruh-nya Michael H. Hart. Untuk mengenang jasanya dalam pemikiran teori ekonomi Kapitalis, Adam Smith diabadikan dalam uang £ 20 baru pada 13 Maret 2007. Adam Smith meninggal di Edinburgh pada 17 Juli 1790 menginjak usianya 67 tahun karena sakit keras dan dikuburkan di Canogatw Kirkyard.

Sekian info mengenai salah satu tokoh yang kami perkenalkan. Semoga menjadi pengetahuan baru dan ilmu yang bermanfaat. ??

Terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

_____
Departemen Jaringan Komunikasi
#AkuntansiSmart
#HIMASIUNISBA
#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *