#MondayEdu

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

[ #MondayEdu ]

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo Kawula Muda Akuntansi Unisba! ? Apa kabar semuanya! ? Hari ini kita ada sedikit ilmu yang akan disampaikan yaitu tentang Piutang! Apa itu? ? Langsung kita simak yuk! ✍️?

? Piutang mengacu pada sejumlah tagihan yang akan diterima oleh perusahaan (umumnya dalam bentuk kas) dari pihak lain, baik sebagai akibat penyerahan barang dan jasa secara kredit (untuk piutang pelanggan yang terdiri atas piutang usaha dan piutang wesel), memberikan pinjaman (untuk piutang karyawan piutang debitur yang biasanya langsung dalam bentuk piutang wesel dan piutang bunga), maupun sebagai akibat kelebihan pembayaran kas kepada pihak lain (untuk piutang pajak). Sebagian besar piutang timbul dari penyerahan barang dan jasa seara kredit kepada pelanggan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pada umumnya pelanggan akan menjadi lebihtertarik untuk membeli produk yang ditawarkan secara kredit oleh perusahaan (penjual).

? Piutang umumnya diklasifikasikan menjadi:

☝️ Piutang Usaha (Accounts Receivable)
Yaitu jumlah yang akan ditagih dari pelanggan sebagai akibat penjualan barang dan jasa secara kredit. Piutang usaha memiliki saldo normal disebelah debet sesuai degan saldo normal untuk aktiva Piutang usaha biasanya diperkirakan akan dapat ditagih dalam jangka waktu yang relatif pendek, biasanya dalam waktu 30 hingga 60 hari.

✌️ Piutang Wesel (Notes Receivable)
Yaitu tagihan perusahaan kepada pembuat wesel. Pembuat wesel disini adalah pihak yang berhutang kepada perusahaan, baik melalui pembelian barang atau jasa secara kredit maupun melalui peminjaman sejumlah uang. Pihak yang berhutang berjanji kepada perusahaan untuk membayar sejumlah uang tertentu beserta bunga dalam kurun waktu yang telah disepakati.

? Piutang Lain-lain (Other Receivables)
Piutang lain-lain umumnya diklasifikasikan dan dilaporkan secara terpisah dalam neraca. Contohnya adalah piutang bunga, piutang deviden, piutang pajak, dan taqihan kepada karyawan.

❣️ Contoh Pencatatan dapat dilihat pada gambar diatas

Sekian informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk semuanya.?

Terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

_____
Departemen Jaringan Komunikasi
#AkuntansiSmart
#HIMASIUNISBA
#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *