5 Juli Hari Bank Indonesia

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

 

5 juli merupakan salah satu hari penting yang ada di indonesia karena pada hari ini adalah hari berdirinya Bank Indonesia tepatnya pada tahun 1953. Seperti yang kita ketahui bahwa Bank Indonesia memliki peranan yang penting  dalam bidang finansial di negara Indonesia, sehingga dapat membantu pemerintah dalam memujudkan kesehjateraan rakyat.

Bank indonesia (BI) adalah Bank Sentral negara republik indonesia. Sebagai bank sentral indonesia, BI mempunyai tujuan yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, diantaranya nilai mata uang terhadap barang dan jasa serta mata uang asing. Selain itu BI juga memiliki 3 fungsi utama yaitu di bidang perbankan, moneter, dan sistem pembayaran.

Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya BI terbebas dari campur tangan pemerintah untuk mengatur segala aktifitasnya sesuai dengan UU No. 23 tahun 1999 yang kemudian diubah dengan UU RI No. 6 tahun 2009 tentang Bank Indonesia.

Sedikitnya pengetahuan masyarakat mengenai bank indonesia menjadi dasar pemerintah untuk mendirikan Museum Bank Indonesia. Secara resmi museum ini didirkan pada tanggal 21 juli 2009 oleh Presiden RI Ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan didirikannya museum Bank Indonesia pemerintah berharap dapat menambah pengetahuan tentang Bank Indonesia bagi masyarakat yang mengunjunginya.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memperingati dan mengenal lebh jauh tentang Bank Indonesia. Karena tanpa adanya BI, indonesia tidak dapat menjalankan roda perekonomian dengan stabil.

 

Sumber

https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/maknai-hari-bank-indonesia/

http://www.sukita.info/sarah/hari-ini-sejarah-adanya-peringatan-hari-bank-indonesia/

https://www.banksinarmas.com/biasakansekarang/selamat-hari-bank-indonesia-yuk-kenali-sejarah-dan-tugasnya/

_____

Departemen Jaringan Komunikasi

#AkuntansiSmart

#HIMASIUNISBA

#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *