26 Juni Hari Anti Narkoba Internasional

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

 

Tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI. Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI juga sebagai gerakan perlawanan terhadap bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang yang berdampak buruk terhadap perkembangan sosial ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia.

Narkoba (Narkotika dan obat-obatan) adalah zat atau obat yang bila memasuki tubuh tidak sesuai dengan takaran/dosis akan mempengaruhi tubuh dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik fisik maupun psikis. Penyalahgunaan Narkoba biasanya diakbitkan oleh beberapa factor yaitu factor keluarga, perilaku, trauma, dan perasaan ditolak oleh lingkungan sekitar.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan di era saat ini semakin meningkat dan nantinya dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa Indonesia di masa depan. Karena remaja yang diharapkan menjadi penerus generasi bangsa semakin rapuh oleh narkotika dan obat-obatan sehingga tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi penerus bangsa yang cerdas akan semakin berkurang.

Para ulama sepakat haramnya mengkonsumsi narkoba ketika bukan dalam keadaan darurat. Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Narkoba sama halnya dengan zat yang memabukkan diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama. Bahkan setiap zat yang dapat menghilangkan akal, haram untuk dikonsumsi walau tidak memabukkan” (Majmu’ Al Fatawa, 34: 204)

Oleh karena itu marilah kita menjaga dan melindungi keluarga dan orang orang sekitar kita agar jauh dari bahaya narkoba, sehingga generasi genersai yang diharapkan dapat menjadi penerus bangsa yang cerdas dapat terlindungi dari bahaya narkoba.

Sumber :

https://muslim.or.id/9077-narkoba-dalam-pandangan-islam.html

https://www.google.com/amp/s/kaltim.tribunnews.com/amp/2019/06/26/sejarah-hari-ini-26-juni-hari-anti-narkotika-internasional-atau-hani-begini-asal-mulanya

_____

Departemen Jaringan Komunikasi

#AkuntansiSmart

#HIMASIUNISBA

#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *