17 Agustus Hari Kemerdekaan

Dipublikasikan oleh Himasi Unisba pada

 

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Tepat pada hari Sabtu ini, tanggal 17 Agustus 2019 Indonesia telah merdeka selama 74 tahun. Pada tanggal tersebut masyarakat diwajibkan untuk mengibarkan bendera merah putih sesuai dengan UU RI No. 24 Tahun 2009. Kemudian masyarakat akan mengadakan berbagai perlombaan untuk memeriahkannya.

Perlombaan yang biasanya diadakan antara lain yaitu lomba tarik tambang, balap karung, panjat pinang, makan kerupuk, dan masih banyak lagi lomba lainnya. Tentunya hal ini membuat banyak orang yang ikut berpartisipasi mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mereka akan antusias untuk mengikuti lomba-lomba tersebut.

Dibalik lomba yang diadakan, terdapat makna tersendiri dari masing-masingnya. Seperti lomba balap karung misalnya, lomba tersebut diambil dari keadaan Indonesia ketika dijajah oleh Jepang yang pada saat itu rakyat indonesia tidak sanggup untuk membeli sandang. Hingga pada akhirnya dijadikanlah karung goni untuk masyarakat agar dapat berpakaian.

Penjajahan itu sendiri berlangsung pertama kali oleh Portugis pada tahun 1511 dimana Portugis dapat menguasai Malaka hingga 1602. Setelah itu Belanda memasuki Indonesia dan berkuasa selama 350 tahun. Terakhir oleh Jepang, pada tahun 1942 Jepang berhasil menguasai Indonesia dan berakhir pada 17 Agustus 1945. Pada hari itu Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya.

Maka dari itu, kita sebagai bangsa yang terlahir di tanah air Indonesia sudah selayaknya kita menghargai jasa para pahlawan. Dimana mereka berjuang melawan para penjajah hingga bertumpah darah. Tanamkan persatuan Indonesia dan sikap toleransi karena Indonesia ialah bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Merdeka Indonesia, merdeka !

Sumber :
https://merahputih.com/post/read/perayaan-17-agustus-makna
https://www.sepulsa.com/blog/sejarah-indonesia-yang-sebenarnya

_____
Departemen Jaringan Komunikasi
#AkuntansiSmart
#HIMASIUNISBA
#EKONOMISATU


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *